Pelukis Buta



Mereka menyebutnya the blind painter (pelukis buta). Dia adalah seorang pria tua di awal 70-an dan ia tinggal di sebuah rumah kecil di pinggir kota. Dia adalah seorang seniman terkenal, tetapi dia telah benar- benar buta, sejak hari ia dilahirkan. Meskipun cacat, ia melukis beberapa karya seni terbesar yang pernah dilihat orang. Orang-orang datang dari jauh dan luas untuk melihat potret mereka dilukis oleh the painter blind. Selama mereka membayar biaya yang diminta, ia akan melukis potret siapa pun. Tak ada yang tahu bagaimana ia bisa melukis dengan keterampilan tersebut, meskipun ia tidak bisa melihat orang yang duduk di depannya. Itu adalah kemampuan luar biasa yang menantang logika.

Aku memintanya untuk melukis potret ku. Pada hari yang telah ditentukan, aku berjalan ke rumahnya dan mengetuk pintu depan. Ketika dibuka, aku melihat the blind painter berdiri di sana, bersandar pada tongkatnya. Wajahnya tertarik dan berkerut. Matanya putih susu. Dia memintaku untuk mengikutinya dan aku pun mengikutinya saat ia berjalan menyusuri lorong panjang. Di studio, saya menyerahkan amplop berisi uang-nya. Dia mengucapkan terima kasih dan mengatakan kepada ku untuk duduk di bangku. Dia berdiri di belakang kuda-kuda dengan kanvas kosong di atasnya dan mengambil kuas nya.

“sebelum kita mulai, saya harus memperingatkan mu,” katanya. “kadang- kadang aku melukis terlalu jauh ...”

Aku tidak tahu apa maksudnya. Lukisannya selalu indah, jadi aku yakin aku akan puas dengan lukisannya. Aku duduk di sana, mengadopsi pose, saat ia mulai melukis. Jam berlalu dan tak satu pun dari kami mengucapkan sepatah kata. The blind painter sesekali mendongak dari kanvasnya. Kuas berjalan bolak-balik dan alisnya berkerut dalam konsentrasi. Akhirnya, ia meletakkan semua alat kanvasnya ke bawah.

“sudah, selesai,” katanya, dan memberi isyarat bagi ku untuk datang dan melihat. Segera setelah aku menetapkan mata pada lukisan itu, saya merasa ngeri. Dia telah melukis ku tergeletak di tanah, dikelilingi oleh genangan darah. Tenggorokanku telah diiris terbuka dan tubuhku penuh luka tusukan. Mataku dalam pandangan kosong tampilan teror beku di wajahku.

“kenapa?” Tanyaku, melangkah mundur ketakutan. “mengapa kau melukis sesuatu mengerikan seperti ini?” The blind painter, menatapku dengan sedih, matanya putih susu. “aku memperingatkanmu,” katanya. “kadang-kadang aku melukis terlalu jauh ... Kadang-kadang aku melukis terlalu jauh dari waktu yang sekarang ...”